Mengenal Apa Saja Bagian-Bagian Dari Tower Crane

Apa itu Tower Crane?

Pada umumnya, tower crane digerakkan dengan mesin yang dipasang dekat dengan struktur bangunan. Tinggi crane juga biasanya disesuaikan dengan tinggi bangunan tersebut. Penempatan tower crane pun juga harus dilakukan dengan hati-hati mengingat ukurannya yang relatif besar dan berbobot berat. Kontraktor yang menangani proyek perlu merancang rencana yang matang, termasuk memastikan kondisi di lapangan hingga struktur bangunan. Pemasangan tower crane juga dipengaruhi jarak di antara crane yang akan dipakai. Dengan begitu, efektivitas jangkauan area di lokasi proyek juga akan lebih maksimal.

bagian-bagian-tower-crane

Crane adalah suatu alat berat yang biasanya digunakan untuk pengangkatan atau pemindahan material dari suatu tempat tertentu baik dari tempat rendah ke tempat yang tinggi atau sekedar moving suatu benda. Crane juga bisa digunakan untuk mengisi atau membongkar muatan dengan bantuan selling atau wire rope. Sedangkan tower crane merupakan salah satu alat berat yang digunakan dalam pembangunan gedung bertingkat. Sesuai dengan Namanya, jenis tower tersebut mempunyai bentuk yang menyerupai jembatan dengan rangkaian besi sebagai material utama. Tower crane berfungsi sebagai penghubung antar area, baik horizontal maupun vertikal dan pengangkut material yang dibutuhkan.

Bagian-Bagian Tower Crane

Berikut bagian-bagian tower crane beserta fungsinya adalah sebagai berikut :

1. Jib atau Working Arm

Bagian ini dianggap sebagai lengan dari tower crane dan dapat digerakkan secara horizontal sampai 360 derajat. Material yang dipakai untuk membuat jib atau working arm mencangkup kabel baja (sling) yang mampu menahan hingga mengangkut alat-alat lain yang dimanfaatkan dalam konstruksi proyek pembangunan.

2. Counter Weight

Counter weight merupakan komponen tower crane yang posisinya tepat berada di belakang jib. Counter weight terbuat dari beton yang memiliki fungsi sebagai pemberat hingga penyeimbang. Sehingga, alat-alat proyek yang diangkut oleh alat berat tersebut tetap stabil dan tidak mendadak jatuh.

3. Mast Section

Bagian selanjutnya yang terdapat pada tower crane adalah mast section. Komponen ini termasuk bagian yang paling penting, karena memiliki peran mengatur ketinggian tower crane yang dipakai dalam proyek pembangunan. Untuk memasangnya, kontraktor memerlukan bantuan alat hidrolik dengan posisi secara vertikal.

4. Joint Pin atau Operator’s Cab

Joint pin merupakan tempat dimana operator mengoperasikan tower crane sehingga operator dapat mengatur pergerakan dari alat tersebut. Ada dua tombol yang disediakan, yaitu tombol beban maksimal dan tombol momen beban. Kedua tombol tersebut digunakan operator untuk mengatur beban yang diangkut oleh tower crane agar tidak melampaui batas normal.

5. Collar Frame atau Anchorages Frame

Bagian penting lainnya yang terdapat pada tower crane adalah collar frame atau anchorages frame. Collar frame merupakan sabuk pengaman yang diikatkan ke bangunan berdasarkan kekuatan bracing. Langkah tersebut diaplikasikan agar bangunan stabil walau ada tekanan atau tarikan yang terjadi.

6. Hook

Hook merupakan bagian crane yang berbentuk seperti pengait dan berfungsi untuk membantu mengangkat beban. Pada bagian inilah barang yang akan dipindahkan dibawa oleh crane dengan cara dikaitkan. Hook dibuat berbentuk pengait karena untuk mencegah barang yang dibawa tidak terlepas dan jatuh.

7. Trolley

Trolley adalah bagian crane yang digunakan untuk menggerakkan barang yang sedang dibawa secara horizontal atau sejajar ke kanan dan ke kiri. Trolley akan bergerak sesuai dengan lengan crane.

Itu tadi merupakan bagian-bagian dari crane yang merupakan alat angkut handal untuk barang atau material berat. Bagian tersebut merupakan bagian yang sangat penting dan wajib ada pada crane agar dapat bekerja secara maksimal. Sehingga perlu adanya Riksa Uji pada tower crane yang akan digunakan agar bagian-bagian dari tower crane tersebut dapat digunakan secara maksimal.

Jasa Konsultan Riksa Uji K3

Facebook
Twitter
WhatsApp

Hubungi Tim Kami

Silahkan hubungi kami via WhatsApp :
0822 7222 2297

Email : jasainspeksisolusindo@gmail.com
Website : www.jassafety.co.id
Instagram : jassafety
Office : Perum Muria Baru No. 47, Kel. Gondangmanis, Kec. Bae, Kab. Kudus, Prov. Jawa Tengah 59327

Post Terbaru

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *